MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI PELUANG KELAS X AKL 1 SMKN 1 PLERED
Abstract
Sebuah proses pembelajaran haruslah bermakna, oleh karenanya materi pembelajaran hendaknya selalu dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari atau bersifat kontekstual. Maka diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik, melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dirasa tepat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) metode ini merupakan bentuk kajian yang bersifat refleksi yang dilakukan oleh pendidik yang ditujukan untuk melihat sejauh mana peserta didik mengalami peningkatan baik secara sengaja maupun tidak sengaja selama proses pembelajaran dilaksanakan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor pengetahuan sebesar 82 poin pada Siklus I, meningkat sebesar 4 poin menjadi 86 pada Siklus II, dan meningkat sebesar 6 poin menjadi 92 pada Siklus III. Dari setiap siklus, angka ketuntasan siswa mengalami peningkatan. Ketuntasan belajar mencapai 68% pada Siklus I, meningkat sebesar 93% pada Siklus II, dan 100% pada Siklus III. Artinya seluruh siswa telah mencapai ketuntasan belajar. Dari sisi keterampilan, setiap siklus juga meningkatkan hasil belajar siswa. Pada Siklus I rata-rata skor keterampilan sebesar 86, meningkat 4 poin menjadi 90 pada Siklus II, dan meningkat 2 poin menjadi 92 pada Siklus III. Dengan menggunakan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga mendapatkan hasil belajar yang lebih baik dari sebelumnya.
References
Gunawan, W., Mastoah, I., Septantiningtyas, N., Wiyarno, Y., & Atiqoh, A. (2022). Pengaruh Strategi Pbl Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Basicedu, 6(4). Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3122
Hanif Evendi, Yossie Rosida, & Dani Zularfan. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka Smpn 4 Kragilan. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2). Https://Doi.Org/10.56799/Joongki.V2i2.1454
Khakim, N., Mela Santi, N., Bahrul U S, A., Putri, E., & Fauzi, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Ppkn Di Smp Yakpi 1 Dki Jaya. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2). Https://Doi.Org/10.37640/Jcv.V2i2.1506
Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, Issue 1).
Laili, H. (2016). Keefektifan Pembelajaran Dengan Pendekatan Ctl Dan Pbl Ditinjau Dari Motivasi Dan Prestasi Belajar Matematika. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1). Https://Doi.Org/10.21831/Pg.V11i1.9679
Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2). Https://Doi.Org/10.24256/Jpmipa.V1i2.88
Rosdianwinata, E., Rifa’i, R., Sutihat, S., & Suryani, N. (2022). Efektifitas Pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) Berbantu Qr Code Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Mendidik: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1). Https://Doi.Org/10.30653/003.202281.212
Simamora, L., & Simamora, H. J. (2022). Upaya Guru Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra). Https://Doi.Org/10.54367/Pendistra.V4i2.1617
Sintiya, O. N., & Amaliyah, N. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Stick Talking Mata Pelajaran Ips Materi Keberagamaan. Journal For Lesson And Learning Studies, 5(1). Https://Doi.Org/10.23887/Jlls.V5i1.40901
Sukmini Arief, H. Dkk. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Problem-Based Learning (Pbl). Jurnal Pena Ilmiah, 1(1).
Susanti, I., Sholikhan, & Ain, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas Viii Smpn Satap Matawai Iwi. Rainstek Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 3(1). Https://Doi.Org/10.21067/Jtst.V3i1.5289
Tampubolon, J., Atiqah, N., & Panjaitan, U. I. (2020). Pentingnya Konsep Dasar Matematika Pada Kehidupan Sehari-Hari Dalam Masyarakat. Program Studi Matematika Universitas Negeri Medan, 2(3).
Triana, N. (2022). Pendidikan Karakter. Mau’izhah, 11(1). Https://Doi.Org/10.55936/Mauizhah.V11i1.58
Utomo, J. (2021). Analisis Kesadaran Masyarakat Pulau Lingayan Terhadap Pendidikan. Journal Of Educational Review And Research, 4(2). Https://Doi.Org/10.26737/Jerr.V4i2.2957
Copyright (c) 2024 Eka Rosdianwinata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.