PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Metode Penelitian adalah Metode Eksperimen. Sampel penelitian ini diambil populasi terjangkau dengan teknik multi stage random sampling, yaitu sebanyak 60 siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan dilakukan uji persyaratan analisis, yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, yang hasilnya data berdistribusi normal dan sampel berasal dari varians homogen, sehingga analisis selanjutnya menggunakan analisis statistik parametrik, yaitu menggunakan anava dua jalur. Dari pengolahan data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : (1) Prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan Aptitude Treatment Interaction lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional (2) Tidak terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. (3) Siswa yang bermotivasi tinggi, prestasi belajar matematika yang menggunakan Aptitude Treatment Interaction lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. (4) Siswa yang bermotivasi rendah, prestasi belajar matematika yang menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
Copyright (c) 2020 Muahor Za karia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.