Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Pada Materi Fungsi Komposisi

  • wawan Kurniawan Universitas Mathla'ul Anwar Banten
  • Eka Rosdiawiata Universitas Mathla'ul Anwar
  • Asep Sujana Universitas Mathla'ul Anwar
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Model Pembelajaran Konvensional, Aktifitas Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan konvensional. (2) Mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan kemampuan awal matematika siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan konvensional. (3) Mengetahui interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa dalam menentukan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jenis penelitian ini yaitu quasi eksperimen. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Panggarangan sebanyak dua kelas yang dipilih dengan Sampling Purposive. Instrumen yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan: (1) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, dimana siswa yang mendapatkan pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari siswa yang mendapatkan pembelajaran Konvensional. (2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, dimana siswa dengan kemampuan awal tinggi lebih baik dari siswa sedang dan rendah. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. (4) Aktivitas siswa pada model pembelajaran Problem Based Learning menunjukkan siswa aktif selama proses pembelajaran.

References

Hadi, S., & Radiyatul, R. (2014). Metode pemecahan masalah menurut polya untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematis di sekolah menengah pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1). Diakses pada tanggal 25 maret 2022
https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/603

Lubis, W. A., Ariswoyo, S., & Syahputra, E. (2020). "Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dan Pendekatan Penemuan Terbimbing Berbantuan Autograph". Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 1. Diakses pada tanggal 01 Januari 2022.
https://doi.org/10.32939/ejrpm.v3i1.483

Mariam, S., Rohaeti, E. E., & Sariningsih, R. (2018). "Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Madrasah Aliyah pada Materi Pola Bilangan". Journal on Education, 1(2), 156–162. Diakses pada tanggal 08 Januari 2022.
http://jonedu.org/index.php/joe/article/view/40

Meika, I., & Sujana, A. (2017). "Kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis siswa SMA". JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(2). Diakses pada tanggal 01 Februari 2022.
http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2025

Pratidiana, D., & Muhayatun, N. (2021). Analisis Kelancaran Prosedural Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Program Linear. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(2), 189-201. Diakses pada tanggal 23 Februari 2022.
https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/union/article/view/9369

Rahmadani, A., Wandini, R. R., Dewi, A., Zairima, E., & Putri, T. D. (2022). Upaya Meningkatkan Berpikir Kritis dan Mengefektifkan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika Efforts to Improve Critical Thinking and Effective Contextual Approaches in Mathematics Learning. 2(1), 427–433. Diakses pada tanggal 04 Januari 2022
http://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/edusociety/article/view/167.

Rerung, N., Sinon, I. L. ., & Widyaningsih, S. W. (2017). "Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA pada Materi Usaha dan Energi". Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47–55. Diakses pada tanggal 02 Januari 2021.
https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.597

Rosdianwinata, E. (2015). "Penerapan Metode Discovery Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa". MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 1, 1–8. Diakses pada tanggal 05 Januari 22.
http://jm.ejournal.id/index.php/mendidik/article/view/1

Sari, D. P. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa (Doctoral dissertation, Universitas Negeri semarang). Diakes pada tanggal 10 Januari 2022.
http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/25292

Sehat Widodo Guru PPKn SMKN, R., Meriah, B., & Bener Meriah ProvAceh, K. (2019). "Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan". Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3(November 2021), 1040–1045. Diakses pada tanggal 08 Januari 2022.
http://semnasfis.unimed.ac.id2549-435x

Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung:Alfabeta

Wulandari, N. A. D. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Lingkaran menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Kelas VIII SMP Negeri 2 Tlogomulyo Tahun Pelajaran 2020/2021. Educatif Journal of Education Research, 4(2), 8-15. Diakses pada tanggal 25 maret 2022.
http://pub.mykreatif.com/index.php/educatif/article/view/99
Published
2022-08-01
How to Cite
Kurniawan, wawan, Rosdiawiata, E., & Sujana, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Pada Materi Fungsi Komposisi. Journal of Mathematics Learning, 5(2), 11-20. https://doi.org/10.30653/004.202252.51
Section
Articles