DESAIN BAHAN AJAR BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MENGATASI LEARNING OBSTACLE SISWA KELAS VIII MTS RIYADHUL MUTAALIMIN CIKAREO
Abstract
Viya Vidiyanti (2024). Desain Bahan Ajar untuk Mengatasi Learning Obstacle Siswa Kelas VIII MTs
Riyadhul Mutaalimin Fatahillah Cikareo.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya learning obstacle pada materi bangun ruang sisi datar dan merancang desain bahan ajar yang dibuat sesuai dengan kesulitan yang dialami siswa. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif berdasarkan tahapan Didactical Design Research (DDR). Metode ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu: tahap analisis situasi didaktis sebelum pembelajaran, tahap metapedadidaktik, dan tahap retrosfektif. Berdasarkan hasil studi pendahuluan ditemukan kesulitan belajar matematika siswa siswa MTs, diantaranya kesulitan dalam menentukan rumus yang tepat, kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita, kesulitan dalam langkah-langkah yang tepat. Untuk mengatasi kesulitan siswa pada materi bangun ruang sisi datar tersebut diperlukan rancangan pembelajaran yang disusun berdasarkan analisis kesulitan siswa. Dalam penelitian ini menyusun desain didaktis (bahan ajar) berupa modul yang memuat permasalahan-permasalahan berdasarkan kesulitan siswa. Permasalahanpermasalahan tersebut berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain didaktis yang diberikan dapat meminimalisir kesulitan siswa MTs, hal tersebut dapat terlihat dari pengerjaan modulnya.
References
pengembangan. 10(3), 1787–1796.
Annisa, S. (2015). ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN
MASALAH SOAL CERITA MATEMATIKA. 4, No. 2(ISSN 2442-5419).
Apriliani, V. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Materi Trigonometri.
Genc, M., & Ergan, S. (2022). T EACHING G EOMETRY T HROUGH D IDACTICAL S ITUATIONS : T
HE
C
ASE
OF
THE
T
RIANGLE
1
NEQUALITY.
15(2),
123–141.
https://doi.org/10.24193/adn.15.2.8
Gulvara, M. A., Suryadi, D., & Islamiyah, W. (2023). Learning Obstacle dalam Soal Pemecahan Masalah
Matematis Siswa pada Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Cendekia : Jurnal
Pendidikan Matematika, 7(3), 2327–2337. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2605
Hasibuan, E. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada PokokBahasan Bangun Ruang
Sisi Datar Di Smp Negeri 12 Bandung. AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1), 18–30.
https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1766
Hermanto, R., & Santika, S. (2017). Eksplorasi epistemological dan didactical obstacle serta hypothetical
learning trajectory pada pembelajaran konsep jarak. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan
Pengajaran Matematika), 3(2), 115–128. https://doi.org/10.37058/jp3m.v3i2.382
Intansari, R. (2019). Desain Didaktis Materi Aritmatika Sosial Pada Madrasah Tsanawiyah.
PEDIAMATIKA: Journal of Mathematical Science and MathematicsEducation,
01(02),2019.
https://jurnal.syekhnurjati.ac.id/index.php/pmat/article/viewFile/5088/2405
Iskandar Yahya Arulampalam Kunaraj P.Chelvanathan, A. A. A. B. (2023)..
Journal of Engineering Research.
Junika, N., Izzati, N., & Tambunan, L. R. (2020). Pengembangan Soal Statistika Model PISA untuk
Melatih Kemampuan Literasi Statistika Siswa. Mosharafa:Jurnal Pendidikan
Matematika,
9(3), 499–510. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.615
Khanifah Nurul Bahiyah, & Mohammad Fatchurrohman. (2022). Desain Bahan Ajar Bangun Ruang
Berbasis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Dengan Teori Van Hiele. Jurnal Riset
Rumpun Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1),
100–110.
https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i1.433
Lestari, L. A., & Umbara, U. (2022). Bahan Ajar Desain Didaktis pada Pokok Bahasan Statistika untuk
Siswa SMP/MTs - Sederajat. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(1), 93–110.
https://doi.org/10.35706/sjme.v6i1.5464
Linton, J. D., Klassen, R., Jayaraman, V., Walker, H., Brammer, S., Ruparathna, R., Hewage, K., Thomson,
J., Jackson, T., Baloi, D., Cooper, D. R., Hoejmose, S. U., Adrien-Kirby, A. J., Sierra, L. A., Pellicer,
E., Yepes, V., Giunipero, L. C., Hooker, R. E., Denslow, D., … Anane, A. (2020).. Sustainability
(Switzerland), 14(2), 1–4.
Mandasari, N., & Rosalina, E. (2021). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi
Bilangan Bulat di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1139–1148.
https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/831
Mauladaniyati, R. (2022). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Model Flipped Mastery Terhadap
Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Berpikir Kreatif Matematis ditinjau dari Tingkat Siswa
SMA Universitas Pendidikan Indonesia repository.upi.edu
http://repository.upi.edu/id/eprint/70815.
Meika, I., Melinda, N. W., Rifa’i, R., & Sujana, A. (2022). Learning Obstacle Siswa Tunagrahita Pada
Materi Bilangan Bulat. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika,15(2),292.
https://doi.org/10.30870/jppm.v15i2.16361
Meika, I., Pratidiana, D., & Safitri, E. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan. SJME (Supremum Journal of
Mathematics Education), 6(1), 75–84. https://doi.org/10.35706/sjme.v6i1.5764
Nafsy, I., Zawawi, I., & Khikmiyah, F. (2022). Pembelajaran Operasi Perkalian Bagi Peserta Didik Slow
Learner Melalui Math Gasing.
Didaktika,
28(2),
134–153.
http://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/3734
Portuna, N. D. A., Fuadiah, N. F., & Surmilasari, N. (2023). Learning Obstacle Materi Volume Bangun
Ruang Sisi Datar Prisma Segitiga Pembelajaran Matematika Kelas V SdN 80 Palembang. JIPM
(Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(2), 480. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i2.17300
Pramuditya, S. A., Noto, M. S., & Handayani, V. D. (2021). Desain Didaktis Konteks Fabel Berbasis
Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Aljabar. Jurnal Elemen, 7(1), 70–85.
https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.2730
Pratamawati, A. (2020). Desain Didaktis untuk Mengatasi Learning Obstacle Siswa Sekolah Menengah
Atas pada Materi Fungsi Invers. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus),
3(1), 18.
https://doi.org/10.21043/jpm.v3i1.7264
Putri, D. P., Manfaat, B., & dan Haqq, A. A. (2020). Desain didaktis pembelajaranmatematika untuk
mengatasi hambatan belajar pada materi matriks. Jurnal Analisa, 6(1), 56–68.
http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/index
Rahma, A. S. (2019). BAHAN AJAR Bangun Ruang Sisi Datar SMP / MTs KelasVIII Materi Bangun
Ruang Sisi Datar. ResearchGate, 1–15.
Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan
Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88
Refi Elfitra, Y. (2017). Desain Situasi Didaktis Untuk Mengantisipasi Kecemasan Matematikasiswa Pada
Pembelajaran Konsep Aljabardi Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Pendidikan
Matematika, 2(1), 105–120.
Rizzalti, A. (2018). Desain Didaktis Konsep Luas Permukaan Bangun Ruang SisiDatar pada
Siswa
SMP. Repository.Uinjkt.Ac.Id,
1113017000034.
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/40541/2/Adinda Rizzal-FITK
Rohmawati, S., & Machromah, I. U. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis
Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Mendukung Peningkatan Kemampuan Berpikir
Kreatif …. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/94352
Sahrudin, A., & Trisnawati, T. (2018). Pengembangan Metode Problem Based Learning Melalui Permainan
Engklek Untuk Meningkatkan Thinking Math Peserta Didik Ma Global School. SJME (Supremum
Journal of Mathematics Education), 2(1), 32–43. https://doi.org/10.35706/sjme.v2i1.999
Sarwoedi, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan
Kriteria Watson. Jurnal Mathematic Paedagogic, 4(1), 12. https://doi.org/10.36294/jmp.v4i1.691
Siti Aisah, L., Kusnandi, & Yulianti, K. (2016). Desain Didaktis Konsep Luas Permukaan Dan Volume
Prisma Dalam Pembelajaran Matematika Smp. M A T H L I N E : Jurnal Matematika dan Pendidikan
Matematika, 1(1), 14–22. https://doi.org/10.31943/mathline.v1i1.9
Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, cv.
Tabarearno, N. M., Wirawan, P. W., Adhy, S., Andi, S., Mukhlasin, H.,Muhaemin, M., Nurhayati, S.,
Untuk, D., Salah, M., Syarat, S., Gelar, M.,
Teknik, S., Studi, P., Elektro, T., י, גרינבלט., Martinench, A., Network, N.,
Php, W., Algoritma, M., … Adhitya Putra, D. K. T. (2019).. Rabit : JurnalTeknologi dan Sistem Informasi
Univrab, 1(1), 2019.
Yuniarti, A., & Radia, E. H. (2021). Development of Comic Mathematics Teaching Materials on FlatBuilding Material to Increase Reading Interest in Class IV Elementary School Students. Journal of
Education Technology, 4(4), 415. https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.300
Copyright (c) 2025 viya vidiyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.