PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COMPREHENSIVE MATEMATICS INSTRUCTION (CMI)

  • lastri lastri MTS NH Kandang Palon
  • Ika Meika
  • Rusdian Rifa'i
Keywords: Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Model Pembelajaran Comprehensive Mathematics Instruction (CMI).

Abstract

Lastri (NIM: 407190011). 2023. Peningkatan Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Comprehensive Mathematics Instruction (CMI).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMAN 1 Cihara melalui model pembelajaran Comprehensive Mathematics Instruction (CMI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan  eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Cihara. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan peneliti adalah tes kemampuan berpikir kreatif matematika siswa dengan jumlah soal sebanyak 5 soal dengan bentuk uraian, dimana sebelumnya soal tersebut sudah dilakukan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran dan daya pembeda serta di uji cobakan terlebih dahulu dan soal tersebut dinyatakan layak digunakan. Analisis data yang digunakan yaitu uji perbedaan dua rerata dan Gain Score yang sebelumnya dilakukan prasyarat uji normalitas dan homogenitas. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran berdasarkan paparan data, temuan peneliti, dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran Comprehensive Mathematics Instruction (CMI) pada materi eksponen di SMAN 1 Cihara.

References

Andiyana, M. A., Maya, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa smp pada materi bangun ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 239-248.
Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asrul., Ananda, R., Rosnita. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Medan: Citapustaka Media.

Astiti, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Cmi Berbantuan Pendekatan RME Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Berpikir Matematis Peserta Didik. Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
http://repository.radenintan.ac.id/15498/1/

Cahyono, B., Tsani, D., & Rahma, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Materi Eksponen. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 8 (2), 185–199.

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif ilmu pendidikan, 32(1), 67-75.

Dinda, O. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran CMI Berbantuan Pendekatan RME Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Berpikir Matematis Peserta Didik  (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). Skripsi
Delima, N., & Fitriza, R. (2017). Pengembangan Model Comprehensive Mathematics Instruction (CMI) dalam Membangun Kemampuan Mathematical Thinking Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 118-149.
Delima, N., Kusumah, Y. S., & Fatimah, S. (2021). Students’ Mathematical Thinking and Comprehensive Mathematics Instruction (CMI) Model. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 11(2), 161–172. https://doi.org/10.30998/formatif.v11i2.7807
Faelasofi, R. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Pokok Bahasan Peluang. JURNAL e-DuMath, 3(2).

Fajriah, N., & Asiskawati, E. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haryanti, I. S., Wahyuni, I., & Santi, D. P. D. (2019). Desain Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Berpikir Kritis dengan Model Comprehensive Mathematics Instruction. JES-MAT, 5(1), 43–53. https://journal.uniku.ac.id/index.php/JESMath/article/view/1723/1294
Hernaeny, U’lfah (2021). Pengantar Statistika 1. Bandung: Media Sains Indonesia
Istarani. (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Lestari, N., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smk Di Kota Cimahi Pada Materi Geomertri Ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(4), 187-196.
Marliani, N. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).
Meilinda B. (2015). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika dan kemampuan komunikasi matematis siswa SMA. (Thesis, Universitas Terbuka). Di akses dari http://repository.ut.ac.id/6918/1/42244.pdf pada tanggal 19 januari 2022 pukul 21.30

Meika, I., & Sujana, A. (2017). Kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis siswa SMA. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(2).

Moma, L. (2016). Pengembangan instrumen kemampuan berpikir kreatif matematis untuk siswa SMP. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika,4 (1).
Noviyana, H. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. JURNAL e-DuMath, 3(2).
Novianti, D., & Hidayat, W. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Mts Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(6), 595-604.
Published
2025-03-03
How to Cite
lastri, lastri, Meika, I., & Rifa’i, R. (2025). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COMPREHENSIVE MATEMATICS INSTRUCTION (CMI). Journal of Mathematics Learning, 7(2), 21-30. https://doi.org/10.30653/004.202472.94
Section
Articles